Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Tepat Memilih Pepaya yang Enak dan Matang Sempurna, Dari Warnanya Aja Udah Ketahuan Lho

Pepaya paling enak dimakan ketika langsung dipetik dari pohonnya. Namun, sebagian besar orang tidak mempunyai kesempatan tersebut. Pelajari cara memilih buah pepaya yang matang untuk merasakan buah tropis ini. Jika hanya ada pepaya yang berwarna hijau, kamu bisa membuatnya menjadi matang di rumah selama beberapa hari.

Begini caranya memilih pepaya yang matang sempurna:

Sponsored Ad

1. Periksa warnanya. Kulit buah pepaya yang matang berwarna kuning hingga jingga kemerahan. Pepaya yang mempunyai beberapa bintik berwarna hijau juga bisa dipilih karena pepaya akan matang dengan cepat di rumah.


Sponsored Ad

2. Tekan kulitnya. Tekan pepaya secara lembut dengan ujung jari kamu. Jika pepaya tersebut matang, buah akan terasa sedikit lunak, seperti pada avokad yang matang. Jika pepaya terasa keras, berarti pepaya tersebut belumlah matang. Sedangkan, jika beberapa bagian pepaya terasa lembek atau berkerut, maka pepaya tersebut terlalu matang.

Sponsored Ad

3. Hindari pepaya yang daging buah dekat ujung batangnya lunak. Periksa apakah bagian pusatnya berjamur atau tidak. Lihat bagian pusat pepaya (tempat menempelnya batang). Jika ada jamur, jangan beli pepaya tersebut.


Sponsored Ad

4. Cium aroma bagian pusat pepaya. Cari pepaya yang mempunyai aroma manis lembut di dekat batangnya. Hindari pepaya yang tidak beraroma karena menandakan bahwa pepaya tersebut belum matang. Hindari juga pepaya yang beraroma tidak sedap atau yang beraroma terlalu kuat karena pepaya tersebut mungkin sudah lama atau difermentasi.

Cara menyimpannya:

Sponsored Ad

1. Simpan pepaya yang matang di dalam kulkas. Simpan pepaya yang matang di dalam kulkas untuk memperlambat kematangannya. Meskipun tahan hingga seminggu, pepaya paling enak jika dimakan dalam jangka waktu satu hingga dua hari.


2. Simpan pepaya yang belum matang di tempat bersuhu ruangan. Jika pepaya masih berwarna kehijauan, kamu bisa membuatnya menjadi matang dengan menyimpannya di tempat bersuhu ruangan selama beberapa hari. Berikut adalah dua cara untuk mempercepat proses pematangan tanpa menimbulkan bintik-bintik lunak.

Sponsored Ad

3. Simpan pepaya di permukaan yang datar. Beri setiap buah jarak. Jauhkan pepaya dari sinar matahari dan balikkan buah tersebut sesekali.

Simpan pepaya di dalam paper bag di tempat yang dingin dan gelap. Kamu juga bisa memasukkan pisang, apel, atau avokad ke dalamnya untuk mempercepat kematangannya.

Sumber: WikiHow

Kamu Mungkin Suka